STRATEGI LAYANAN E-SPT DALAM PENINGKATAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Putri Kuzaifah, Irma Irawati Puspaningrum

Abstract


Pajak sebagai sumber utama pendapatan negara dalam pembiayaan pemerintah dan pembangunan. Keberhasilan pemerintah dalam menopang penerimaan pajak membutuhkan dukungan berupa kepatuhan wajib pajak dengan cara membayar dan melaporkan surat pemberitahuan secara benar, lengkap dan tepat waktu. Adanya tuntutan akan peningkatan kepatuhan wajib pajak mendorong Direktorat Jendral Pajak melakukan reformasi administrasi perpajakan modern berupa layanan e-SPT (elektronik surat pemberitahuan) dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dalam melakukan pelaporan. Akan tetapi penyelenggaraan layanan e-SPT di Kabupaten Sumenep masih belum sepenuhnya dipahami oleh wajib pajak sehingga menghambat proses penyampaian laporan.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi layanan e-SPT dalam peningkatan kepatuhan wajib pajak Sumenep berdasarkan atas 4 (empat) strategi dalam layanan yaitu atribut layanan pelanggan, pendekatan untuk penyempurnaan kualitas, sistem umpan balik untuk kualitas layanan pelanggan, dan implementasi.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi layanan e-SPT yang dilakukan oleh KP2KP Sumenep sudah cukup baik. Karena, dengan layanan e-SPT mampu meningkatkan jumlah wajib pajak terdaftar yang menyampaikan SPT. Akan tetapi, penerapan e-SPT belum berdampak pada tingkat kepatuhan wajib pajak Sumenep. Pemahaman wajib pajak mengenai layanan e-SPT masih sangat minim, sekalipun sudah dilakukan sosialisasi wajib pajak kurang mampu menyerap materi yang disampaikan sehingga membuat mereka masih menanyakan kembali prosesnya secara langsung kepada petugas pajak. Oleh kerena itu, wajib pajak didorong untuk menyampaikan segala bentuk keluhannya melalui media online yang telah disediakan untuk mengukur tingkat kepuasan wajib pajak dan kualitas layanan yang diberikan. Penyediaan informasi dan sarana evaluasi ini belum ditanggapi secara positif oleh wajib pajak. Jadi, tingkat layanan yang ingin dicapai berupa kepatuhan dan kesadaran wajib pajak secara sukarela belum dapat terpenuhi secara efektif dan efisien.

Full Text:

Untitled

References


Cuttlip, M Scoot. 2006. Effectivitas Public Relations 9th Edition. Kencana: Jakarta

David, Fried R. 2005. Manajemen Strategis. Salemba Empat : Jakarta

Handoko, T. Hani. 2009. Manajemen. BPFE-YOGYAKARTA : Yogyakarta

Hasan, Iqbal. 2008. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. PT. Bumi Aksara: Jakarta

Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-88/PJ./2004 Tentang Penyampaian Surat Pemberitahuan secara Elektronik (e-SPT)

Kurnia, Siti dan Devano, Sony. 2009. Perpajakan: Teori dan Kasus. Salemba Empat: Jakarta

Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi. Andi : Yogyakarta

McLeod, Raymond dan P.Schell, George. 2007. Sistem Informasi Manajemen. Salemba Empat : Jakarta

Nawawi, Hadari. 2005. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan. Gajah Mada University Press : Yogyakarta

Oliver, Sandra. 2006. Public Relations Strategy. Erlangga : Jakarta

Pandiangan, Liberti. 2008. Modernisasi dan Reformasi Pelayanan Perpajakan. PT Elex Media Komputindo : Jakarta

Peraturan Menteri Keuangan No. 80/PMK.03/2010 Tentang Penentuan Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran dan Penyetoran Pajak, Penentuan Tempat Pembayaran Pajak dan Tata Cara Pembayaran, Penyetoran, dan Pelaporan Pajak serta Tata Cara Pengangsuran dan Penundaan Pembayaran Pajak

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206.2/PMK.01/2014 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Pajak yaitu Kantor Pelayanan, Penyuluhan, Dan Konsultasi Perpajakan

Perdana, Iwan. 2014. Metode Penyusunan Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris. Intimedia : Malang

PMK No. 152/PMK.03/2009 Tentang Bentuk dan Isi Surat Pemberitahuan, serta Tata Cara Pengambilan Pengisian, Penandatanganan, dan Penyampaian Surat Pemberitahuan

PMK No. 74/PMK.03/2012 Tentang Persyaratan Dan Penetapan Wajib Pajak Dengan Kriteria Tertentu

Purnawan, Herman dan Anggriani, Eveline. 2008. Undang-Undang Perpajakan 2007. Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajakan. Erlangga

Rosdiana, Haula dan Tarigan, Rasin. 2005. Perpajakn Teori dan Aplikasi. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta

Sari, Novi Purnama. 2014. “Pengaruh Penerapan E-Spt Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan Dalam Melaporkan Spt (Studi Kasus Pada Kpp Madya Malang)”, Jurnal Perpajakan, Volume 2, Nomor 1, 25 September 2015

Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. PT Refika Aditama : Bandung

Sudirman, Rismawati dan Amiruddin, Antong. 2012. Perpajakan Pendekatan Teori Dan Praktek. Empat Dua Media : Malang

Sudiro, Ahmad dan Rahadian, Perdana. 2011. Sistem Informasi Manajemen. UB Press : Malang

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta : Bandung

Suyanto, Bagong dan Sutinah. 2011. Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan. Kencana : Jakarta

Tjiptono, Fandy. 2005. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Andi : Yogyakarta

Undang-Undang Nomor 16 tahun 2009 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan

Winarno, Wing wahyu. 2006. Sistem Informasi Manajemen. UPP STIM YKPN : Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.24929/fisip.v10i2.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google scholar  crossref  GarudaISJD  

 

Creative Commons License
Public Corner: Jurnal Kebijakan Publik
P-ISSN : 2087-951; E-ISSN :  2443-0714 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats