KEPEMIMPINAN INOVATIF DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK

Enza Resdiana

Abstract


Pada era sekarang ini, kepemimpinan dalam inovasi harus mengalami perubahan-perubahan sesuai dengan perkembangan lingkungannya.Selain itu, tiga jenis perubahan yang berkaitan dengan masalah kepemimpinan tersebut adalah perubahan rutin, perubahan pengembangan dan inovasi sendiri.Mengelola suatu perubahan memanglah hal yang sulit. Ukuran kapasitas kepemimpinan seseorang salah satunya adalah kemampuannya dalam mengelola perubahan.Kemampuan ini penting sebab pada masa kini pemimpin dituntut untuk mampu mempelopori perubahan lingkungan. Kepemimpinan berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain untuk melakukan apa yang diinginkan oleh seorang pemimpin.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kepemimpinan Inovatif Dalam peningkatan Pelayanan Publik di Kecamatan Kota sumenep.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode wawancara. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan informan yang merupakan Kepala Kantor Kecamatan Kota Sumenep dan Sekretaris Camat sebagai informan utama, dan 3 tokoh masyarakat sumenep sebagai informan tambahan. Data informan dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan analisis kualitatif.

Hasil penelitian yang didapatkan yaitu berdasarkan fokus penelitian diantaranya berorientasi tugas kinerja para karyawan serta kepemimpinan Camat kota Sumenep sangat baik. Beorientasi Hubungan, dalam menciptakan kepemimpinan inovatif Camat kota sumenep selalu berupaya membangun hubungan dan komunikasi yang baik dan harmonis dengan para karyawan. Serta berorientasi perubahan dalam ragka menciptakan kepemimpinan inovatis Camat Kota melakukan perubahan dengan membuat kebijakan HAK PATEN di kecamatan untuk memaksimalkan pelayanan pada masyarakat.

Full Text:

Untitled

References


Atep Adya Brata. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima.Gramedia. Jakarta

Albraw, Martin, 2007. Birokrasi. Diterjemahkan oleh M.Rusli Karim dan Totok Daryanto. Yogyakarta.

Andhika Putra Kresnandito Fajrianthi. 2012. Pengaruh Persepsi Kepemimpinan Transformasional terhadap Perilaku Inovatif Penyiar Radio. Jurnal Psikologi Industri Organisasi. Vol. 1 No. 02, Agustus, hal96-103.

Anikmah. (2008). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Survey Pada PT. Jati Agung Arsitama Grogol Sukoharjo). Surakarta

Anoraga, Panji dan Sri Suryati, 2005. Perilaku Keorganisasian, PT. Pustaka Jaya, Jakarta.

Barata, Atep. 2004. Dasar- dasar Pelayanan Prima. Elex Media. Komputindo.Jakarta

Dwiyanto, Agus. 2003. Reformasi Pelayanan Publik: Apa yang harus dilakukan, Policy Brief. Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM.

Djamaludin, 2012, Psikologi Kepemimpinan dan Inovasi, Penerbit Erlangga. Jakarta

Danim, S. (2003). Kepemimpinan Transformasional. Penerbit PT. Rineka Cipta.Jakarta

Mulyana. (2003). Kepemimpinan Inovatif. Free Press.Yogyakarta

Kartini Kartono. Dr. 2004. Pemimpin Dan Kepemimpinan, PT. Raja Grafindo Persada.Jakarta

Kristina. 2015. Urgensi Kepemimpinan Transformatif. Jurnal Pustakaloka,Vol. 7. No. 1.

Kusnan, Ahmad, 2004. Analisis Sikap Iklim Organisasi, Etos Kerja dan Disiplin Kerja dalam Menentukan Efektivitas Kinerja Organisasi di Garnisun Tetap III Surabaya. Tesis. Universitas Airlangga, Surabaya.

Moenir. 2006, Pengertian Pelayanan Publik. PT. Elex Media Komputindo.Jakarta

Moleong, Lexy J. 2010. Perubahan Terencana. PT Margi Wahyu.Jakarta

Mamik. 2010. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang.

Ratna Kusumawati. 2010. Pengaruh Karakteristik Pimpinan dan Inovasi Produk Baru terhadap Kinerja Perusahaan untuk Mencapai Keunggulan....... Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 5 No. 9, April, hal.53-64

Siagian, Sondong. P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Stephen P. Robbins, 2006. Perilaku Organisasi . Alih Bahasa : Benyamin Molan. Edisi Kesepuluh. Penerbit PT. Indeks, Kelompok Gramedia, Jakarta.

Suranto, 2012. Menggagas Strategi Optimalisasi Kapasitas Birokrasi Menuju Good Governance.

Safaria, T. (2004). Kepemimpinan. Graha.Yogyakarta

Sunarsih. (2001). Kepemimpinan Transformasional Dalam Era Perubahan Organisasi. Jurnal Managemen dan Bisnis. Vol 5 No.2. Desember 2001 : 106-116.

Suratno, P. (2006). Sang Pemimpin. Adiwacana.Yogyakarta

Sugiyono, 2012, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Ketujuh, CV. Alfabeta.Bandung

Thoha, Miftah. 2005. Urgensi Reformasi Birokrasi Pemerintah, Jakarta.

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia (Teori Aplikasi dan Penelitian). Salemba Empat.Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24929/fisip.v10i2.282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google scholar  crossref  GarudaISJD  

 

Creative Commons License
Public Corner: Jurnal Kebijakan Publik
P-ISSN : 2087-951; E-ISSN :  2443-0714 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats