KEBERHASILAN PEMBANGUNAN KUALITAS HIDUP MASYARAKAT DI DESA KARANGANYAR KECAMATAN KALIANGET

Miri Waris Wati Fitriyani, Wilda Rasaili

Abstract


Pembangunan kualitas hidup masyarakat disuatu daerah atau desa dapat diketahui sejauh mana keberhasilan pembangunan diukur melalui beberapa indikator yakni  kekayaan rata-rata, pemerataan, kualitas kehidupan atau PQLI (Physical Quality of Life Index), kerusakan lingkungan serta keadilan sosial dan kesinambungan. Oleh karena itu setiap pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah khususnya pemerintah daerah ataupun desa harus mengetahui sejauhmana keberhasilan pembangunan yang telah dilakukan. Apakah pembangunan yang telah dilakukan bisa dikatakan berhasil ataupun tidak.

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Keberhasilan Pembangunan Kualitas Hidup Masyarakat di Desa Karanganyar Kecamatan Kalianget, Sehingga nantinya diharapkan dapat memberikan masukan dan sumbangsih pemikiran mengenai keberhasilan pembangunan kualitas hidup masyarakat kepada pemerintah daerah khususnya pemerintah desa karanganyar kecamatan kalianget.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang memfokuskan pada: 1) Rata-rata Harapan Hidup Sesudah Umur Satu Tahun, 2) Rata-rata Jumlah Kematian Bayi, 3) Rata-rata Melek Aksara,. Lokasi dalam penelitian ini berlokasi di Desa Karanganyar KecamatanKalianget. Analisis data bersifat analisis kualitatif.

Mengacu pada hasil penelitian yang telah peneliti analisis dan disandingkan dengan teori, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Keberhasilan Pembangunan Kualitas Hidup Masyarakat di Desa Karangayar Kecamatan Kalianget sudah bisa dikatakan berhasil. Hal ini ditandai dengan indikator 1) Rata-rata harapan hidup sesudah umur satu tahun ;angka harapan hidup di desa karanganyar bisa dikatakan tinggi, hal ini bisa dilihat dari rendahnya angka kematian dalam satu tahun terakhir, 2) Rata-rata jumlah kematian bayi ; jumlah kematian bayi sejak satu tahun terakhir bisa dikatakan rendahhanya 2 bayi yang meninggal dari 62 bayi yang lahir. Dan 3) Rata-rata prosentasi melek huruf ; sebagian besar rmasyarakat desa karanganyar sudah melek huruf dan hanya sebagian kecil saja yang masih buta huruf. Jadi diharapkan keberhasilan pembangunan kualitas hidup masyarakat kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi sehingga pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah khususnya pemerintah desa bisa dikatakan berhasil.

Full Text:

Untitled

References


Afifuddin, 2012. Pengantar Administrasi Pembangunan Konsep, Teori dan Implikasinya di Era Reformasi. Alfabeta: Bandung.

Afiyanti, Yanti, 2010, “Analisis Konsep Kualitas Hidup”, Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol. 13 No. 2, juli 2010.

Budiman, Arief. 2000. Teori Pembangunan Dunia Ketiga. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Fauzi, Akhmad. 2014. “The Measurement of Sustainable Development in Indonesia (Pengukuran Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia)” Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 15 No. 1, Juni 2014.

Harun, Rochajat. 2011. Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial. PT. Rajagrafindo Persada: Bandung.

Jhingan, Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. PT. Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Kuncoro, Mudjarat. 2003. Otonomi dan Pembangunan Daerah Reformasi, Perencanaan, Strategi, dan Peluang. Erlangga: Jakarta.

Mirza, Denni Sulistio. 2012. Pengaruh kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, dan Belanja Modal Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Jawa Tengah Tahun 2006-2009. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Hal 2 Fakulta Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rocdakarya.

Nurjaman, Asep. 2003. Organisasi dan Mnajemen Pemerintahan. Universitas Muhammadiyah: Malang.

Sangadji, Sopiah. 2010. Metode Penelitian, CV Andi Offset, Yogyakarta.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Siagian, Sondang P. 1999. Administrasi Pembanguan Konsep, Dimensi, dan Strateginya. Bumi Aksara: Jakarta.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung.

Todaro, Michael P. 2011. Pembangunan Ekonomi, Edisi Kesebelas Jilid 1. Erlangga: Jakarta

Todaro, Michael P. 2000. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga, Edisi Ketujuh. Erlangga: Jakarta.

Lilya, Nyoman, Sutrisna, 2014, “Pengaruh Komponen Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Bali”, Jurnal Ekonomi Pembanguan Universitas Udayana, Vol. 3 No. 3, Maret 2014.




DOI: https://doi.org/10.24929/fisip.v10i2.281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google scholar  crossref  GarudaISJD  

 

Creative Commons License
Public Corner: Jurnal Kebijakan Publik
P-ISSN : 2087-951; E-ISSN :  2443-0714 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats