ENTREPRENEUR MINDSET USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (STUDI PADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KECAMATAN SARONGGI)

dedy afriyanto, aprilina susandini, endang widyastuti

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki daya survival yang sangat tinggi dan terbukti mampu mengatasi pengangguran serta berperan dalam perekonomian Indonesia. Entrepreneur adalah kerangka berpikir seseorang yang berorientasikan entrepreneurial, lebih untuk menjalani ketidakpastian daripada menghindar. Di penelitian ini, kami mencoba masuk ke sektor produksi dengan memotret usaha kecil dan menengah di Kecamatan Saronggi yaitu Kripik “Muris”, Keris dan Catring “Dua Putri”.          Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sifat enterpreneur yang dimiliki oleh pelaku usaha dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu lahir, lingkungan dan latihan. Setiap pelaku usaha memiliki latar belakang yang berbeda. Latar belakang pelaku usaha dapat dilihat dari sisi inpit informasi, lingkungan sekitar dan pengalaman masa lalu. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dari ketiga pelaku usaha semua memiliki pola pikir kreatif dan inovatif. Pemikiran kreatif pelaku usaha merupakan proses mental yang melibatkan kemampuan pelaku usaha untuk menemukan ide atau konsep baru, kemudian dapat menghubungkan keterkaitan antar ide/konsep yang telah ada sebelumnya.


Full Text:

PDF

References


Bessant, J. & Tidd, J. 2007. Innovation Entrepreneurship, chicester: john Walley.

Ir. Ciputra Quantum Leap 2. Ditulis Dr. (Hc) Ir Ciputra, Ir Antonius Tanan, M.BA., M.Sc, M.A, dan Agung Wahyudi, Ph.d. Kenapa dan Bagaimana Entrepreneurship Mengubah Masa Depan Anda.2011

Kuratko, D.F. & Hodgets, R.M. 1998. Entrepreneurship: A Contemporary Approach. Orlando: the Pry And Press.

McGrath, R.G. & MacMillan. I 2000. The Entrepreneurial Mindset: strategies for Continuosly Creating Opportunity in An Age of Uncertainty. Boston: Harvard Business School Press.

Renald, Kasali. (2010). Modul Kewirausahaan Mandiri.

Tanan, A., Isti, Margiman, & Yang, F. The 7 Principles of Entrepreneurship Base Learning Ciputra Way. Tim Kurikulum UCEC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


google scholar  crossref  GarudaISJD  

 

Creative Commons License
Performance: Jurnal Bisnis & Akuntansi, 
P-ISSN : 2338-9583; E-ISSN :  2356-2919 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats