HUBUNGAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN PRODUKSIA SI PADA IBU MENYUSUI (Studi Di Polindes Tamidung Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep Tahun 2014)

Eva Nurhidayati, Dian Permatasari

Abstract


Ibu menyusui yang belum ingin hamil lagi, tenth membutuhkan kontrasepsi yang aman, tidak mengganggu proses menyusui juga tidak mempengaruhi produksi ASI. Alasannya untuk mengaturjumlah danjarak anak yang dimginkan, mengurangi resiko teijangkit penyakit hubungan seksual. Pemilihan alat kontrasepsi bagi ibu menyusui haruslah tepat karena bila tidak akan berdampak pada proses laktasinya. Salah satunya yaitu bila ibu menyusui memilih menggunakan alat kontrasepsi hormonal yang mengandung estrogen, hal ini akan mempengaruhi produksi ASI yang akhirnya menyebabkan bayi tidak maksimal mendapatkan ASI, terutama ASI Eksklusif. Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu tingginya ibu menyusui yang produksi ASI-nya berkurang karena penggunaan kontrasepsi hormonal di Polindes Tamidung Kecamatan Batangb atang Kabupaten Sumenep Tahun,2014.Penelitian..rni bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan kontrasepsi hormonal dengan produksi ASI pada ibu menyusui di Polindes Tamidung Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep Tahun 2014.

Jenis penelitian ini adalah analitik korelatif menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah ibu menyusui yang menjadi akseptor KB di Polindes Tamidung Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sunienep Tahun 2014 yang sesuai dengan kriteria inklusi, yaitu ibu yang sedang menyusui dan menjadi akseptor KB. Jumlah sampel sebanyak 49 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling yaitu consecutive sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan memakai uj i statistik chi -square.

Berdasarkan hasil analisis didapakan nilai Sig < a, yaitu 0,001 <0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya ada hubungan antara penggunaan kontrasepsi hormonal dengan produksi ASI pada ibu menyusui Polindes Tamidung Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep Tahun 2014.
Penggunaankontrasepsi hormonal yang tidak tepat menyebabkan produksi ASI menj adi berkurang,apalagi jika menggunakan yang mengandung estrogen, sehingga bayi tidak maksimal mendapatkan ASI. Saran bagi ibu menyusui yaitu hendaknya sebelum menggunakan kontrasepsi hormonal berkonsultasi dulu dengan bidan / tenaga kesehatan agar tidak salah memilih dan menggunakan.
Kata Kunci : kontrasepsi hormonal, produksi ASI, ibu menyusui

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, S dan Darwis. 2003. Metode Penelitian Kebidanan Prosedur, Kebyakan dan Etik. Jakarta : EGC.

Glasier, A. 2005. Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Edisi 4. Jakarta : EGC.

Hartanto, H. 2002. KB Kontrasepsi Jakarta : EGC.

Hiidayat, A. 2007. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Leon, S. 2003. Pedoman K/mis Kontrasepsi, Edisi 2. Jakarta : EGC

Mochtar, R2009. Sinopsis ObstetriJilid 2. Jakarta: EGC.

Nelson. 2000. Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta : EGC.

Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta

Rineka Cipta.

Roesli, U. 2000. Mengenal ASI Ekskluszf Jakarta: Trubus Agriwidya.

Saifuddin, A. 2003. Buku Panduan

Praktis Pelayanan

Kontrasepsi.Jakarta : Yayasan Bina

Pustaka Sarwono Prawirohardj o.

Soetjiningsih. 1999. ASI Petunjuk Untuk Tenaga Kesehatan. Jakarta: EGC

Suradi; .R. 2004. Manajemen Laktasi. Jaicarta : perkumpulan perinatologi Indonesia

Wiknjosastro, H. 2005. Ilmu

Kebidanan.Jakarta : Yayasan Bina

Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

BKKBN. 2009. Pencapaian Peserta KB Baru Menurut Alat Kontrasepsi tahun 2007. [Internet] Bersumber dan : http : II www. bkkbn. go.id. /diffor/data.php. html [Diakses tanggal 7 Februari 2009]

Binafisika, I. 2007. Seputar ASI. [Internet] Bersumber dan http://althafunnisa90wordpress. corn!.[Diakses tanggal 10 Februari 2009].

Evawanya, R. 2007. Peran ASI. [Internet] Bersumber dan http:l/www .damandin .or. idlfilelev aw a nyarinongipbbab2.pdf. [Duakses tanggal 3 Februari 2009].

Lurida. 2007. Pen garuh Kontrasepsi Hormonal Terhadap ASI. [Internet] Bersumber dan

http://www.google.co. id!search?hl=id q. [Diakses tanggal 5 Februari 2009].

Suririnah. 2004. ASI Memberi Keuntungan Ganda untuk Ibu dan Bayi.[internet] Bersumber dan yes! [Diakses tanggal 5 Februari http://www.infoibu.com!. [Diakses 2009]. tanggal 7 Februari 2009]

Susiana. 2009. Kontrasepsi dan Laktasi. [Internet] Bersumber dan http://botefilia.com/index.php/archi




DOI: https://doi.org/10.24929/jik.v1i1.180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.